Sabtu, 26 September 2015

SEKOLAH PENGMAS 2015


Sekolah Pengabdian Masyarakat (Sekolah Pengmas) dulu bernama Bakti Sosial Wilayah (Baksoswil) merupakan kegiatan rutin tahunan ISMKI dan program kerja dari Bidang Pengabdian Masyarakat Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Wilayah III. Tahun ini Sekolah Pengmas diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ini merupakan tahun pertama kegiatan ini diadakan semenjak berubah nama menjadi Sekolah Pengmas. Kegiatan ini dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 21 – 25 Oktober 2015 dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
1. Welcoming Party
Acara penyambutan ditujukan kepada para delegasi yang akan dilaksanakan pada hari pertama pelaksanaan Sekolah Pengmas 2015.
2. Sekolah Pengmas
Merupakan pembekalan materi kepada delegasi tentang pengembangan masyarakat yakni meliputi materi:
ü Materi Non-Communicable Disease (NCD)
ü Materi Kesehatan Ibu Anak (KIA)
ü Materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
3. Gerakan Fakultas Kedokteran Mengajar (GFKM)
Merupakan kunjungan ke suatu Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah Yogyakarta dimaana delegasi Sekolah Pengmas berbagi ilmu kepada siswa-siswi di SMA tersebut mengenai pengembangan masyarakat.
4. Community Health Analysis (CHA)
CHA atau Analisis Kesehatan Masyarakat merupakan langkah awal dalam membentuk suatu desa binaan dalam bidang pengembangan masyarakat. Kegiatan ini berupa kunjungan ke sebuah desa dimana delegasi akan mengadakan bakti sosial, pemeriksaan kesehatan, serta bersama-sama dalam “Pengmas Time” dibekali materi dan berdiskusi mengenai pengembangan masyarakat.
5. Farewell Party
Acara pelepasan delegasi sebagai penutupan acara Sekolah Pengmas 2015 yang akan dilaksanakan di desa.
6. City Tour
Merupakan rangkaian hiburan bagi delegasi Sekolah Pengmas 2015 sekaligus untuk memperkenalkan kota Yogyakarta kepada delegasi.
    

0 comments :

Posting Komentar