Jumat, 09 Oktober 2015

World Sight Day 2015


  Di Indonesia Tingkat gangguan penglihatan dan kebutaan cukup tinggi. Sebagian besar penyebab kebutaan global dan juga Indonesia adalah katarak . “Setiap tahun ada dua ratus ribu orang Indonesia yang menderita katarak dan 80 persennya berisiko kebutaan,” jelas Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek di Kantor Kemenkes Jakarta, Selasa (6/10).
  
  Banyak dari kita kurang perhatikan dan bahkan menganggap sepele tentang kesehatan mata apalagi kalangan mahasiswa . kebanyakan mahasiswa belajar atau membaca dengan posisi yang kurang tepat yaitu berbaring sehigga mata pun menjadi tidak normal . Biasanya juga penyakit mata karena faktor keturunan. Kebanyakan yang terkena katarak karena disebabkan banyak mengkonsumsi rokok dan alkohol tidak heran bila yang terkena katarak usianya di atas 40 tahun .

Cara pencegahan penyakit mata, :
·        
     Periksa mata secara rutin
Cara mencegah penyakit mata ini sangat diperlukan untuk mencegah penyakit mata. Dengan pemeriksaan berkala, Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah membutuhkan kacamata atau perlu mengganti kacamata Anda yang lama. Anda juga harus menjaga kebersihan kacamata atau lensa kontak yang anda gunakan, karena bisa jadi debu atau kuman bersarang disana, sehingga menyebabkan mata Anda justru menjadi sakit
·         
     Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Cara mencegah penyakit mata dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk mata. Anda bisa memilih buah dengan kandungan vitamin A, E dan C yang tinggi, seperti wortel. Kandungan beta karoten pada wortel sangat baik untuk mata. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 yang tinggi. Cobalah untuk mengkonsumsi brokoli, sayuran ini juga sangat baik untuk mata Anda.

·      Tidak membaca dalam keadaan gelap
   Bagi Anda yang suka membaca, gunakan lampu membaca yang membuat mata Anda nyaman, membantu Anda mencegah penyakit mata. Jangan menggunakan lampu baca yang terlalu terang karena juga bisa membuat mata Anda perih. Sebaiknya Anda tidak membaca sambil tidur, karena akan merusak mata perlahan-lahan. Sama halnya dengan membaca, Anda juga perlu menjaga jarak ketika menonton televisi, agar Anda terhindar dari paparan sinar elektromagnetik, yang membuat mata Anda rusak.

·      Menjauhi orang yang sedang menderita mata
Ini adalah salah satu cara preventif untuk mencegah penyakit mata. Misalnya salah satu keluarga Anda ada yang memiliki sakit mata, maka sebaiknya anda tidak terlalu sering bertatap muka terutama memandang matanya karena sakit mata bisa menular. Dan lakukan hal yang sama jika Anda memiliki kondisi mata sakit, yaitu jangan dekati orang yang tidak menderita sakit mata.

·      Hindari mengucek mata dengan tangan
Tidak mengucek mata atau menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak mestidalam kondisi bersih dan steril.

·      Menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat
Lingkungan yang bersih dan sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Dengan adanya lingkungan yang bersih dan sehat maka mata akan rileks, dampak dari lingkungan yang tidak sehat akan berpengaruh pada penglihatan mata.

·      Gunakan pelindung mata
Usahakan untuk menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi atau ketika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata untuk mencegah penyakit mata.

  Dari sinilah kita bisa menjaga kesehatan mata cara pencegahan apa saja dampak-dampak yang mejadi penyakit mata, semoga menjadi bermaanfaat dan teman-teman tidak untuk menyepelekan masalah mata karena di Indonesia adalah paling tertinggi penyakit mata terutama katarak.

  Mata adalah salah satu alat indera terpenting bagi manusia, Jika tidak berfungsi maka kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas , mungkin kita tidak akan pernah melihat keindahan langitnya biru hijaunya alamku dan kita tidak bisa bersyukur atas nikmat yang tuhan telah berikan . Mari kita menurunkan resiko penyakit mata Indonesia tepatnya hari ini tanggal 6 oktober 2015 ini memperingati hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day). Negeriku sehat!
    

0 comments :

Posting Komentar