Kamis, 24 Maret 2016

World Tuberculosis Day: UNITE TO END TB




Apa itu tuberculosis atau TB?
Tuberculosis atau TB adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama  Mycobacterium tuberculosis dan paling sering mengenai paru-paru manusia. TB ditularkan melalui udara, ketika seseorang dengan TB batuk dan bersin, mereka mendorong kuman TB keluar dari paru-paru. Seseorang hanya perlu menghirup sedikit saja kuman ini untuk terinfeksi.
Sekitar 1/3 populasi dunia menderita TB namun belum menimbulkan gejala. Seseorang yang terinfeksi TB memiliki resiko 10% untuk jatuh sakit karenanya. Namun, seseorang dengan kekebalan tubuh yang buruk seperti penderita HIV, malnutrisi, diabetes, atau pengguna rokok, memiliki resiko tinggi untuk jatuh sakit karena TB.
Ketika TB mulai aktif pada seseorang maka akan timbul gejala ringan seperti batuk, demam, berkeringat, dan penurunan berat badan selama berbulan-bulan. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari perawatan. Orang dengan TB yang aktif dapat menginfeksi 10-15 orang lain melalui kontak dekat selama setahun. Tanpa perawatan yang tepat, 45 % dari orang HIV-negatif dengan TB dan hampir semua  penderita HIV-positif dengan TB akan meninggal dunia.

        Siapa saja yang memiliki resiko tinggi TB?
                        TB sebagian besar mengenai orang dewasa di tahun yang paling produktif. Namun, semua kelompok umur beresiko untuk terkena TB. Lebih dari 95% kasus dan kematian terdapat pada negara berkembang. Seseorang yang terinfeksi HIV memiliki resiko 20 sampai 30 kali lebih tinggi untuk berkembang menjadi TB aktif. Resiko TB aktif juga lebih besar pada seseorang yang menderita kondisi lain yang terkait dengan gangguan kekebalan tubuh. Satu juta anak (0-14 tahun) jatuh sakit karena TB, dan 140.000 anak meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2014. Merokok sangat meningkatkan resiko penyakit TB dan kematian. Lebih dari 20% dari kasus TB di seluruh dunia disebabkan oleh rokok.
                         
Bagaimana dampak TB secara global?
TB terjadi di setiap bagian dunia. Pada tahun 2014, jumlah terbesar kasus TB terjadi di Asia Tenggara dan Pasifik Barat, terdapat 58% dari kasus baru secara global. Namun, Afrika membawa beban yang paling berat, dengan 281 kasus per 100.000 penduduk pada tahun 2014.
Pada tahun 2014, sekitar 80% dari kasus TB yang dilaporkan terjadi di 22 negara. 6 negara yang menonjol memiliki jumlah terbesar kasus insiden pada tahun 2014 adalah India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, Republik Rakyat China dan Afrika Selatan. Beberapa negara mengalami penurunan besar dalam kasus, sementara pada negara lain angka-angka tersebut menurun sangat lambat. Brazil dan China adalah salah satu dari 22 negara dengan penurunan berkelanjutan dalam kasus TB selama 20 tahun terakhir. 
Apa saja gejala TB?
Gejala umum dari TB paru aktif adalah sebagai berikut:
1. Batuk dengan dahak dan darah yang bercampur
2. Nyeri pada dada
3. Penurunan berat badan
4. Demam
5. Berkeringat di malam hari
6. Sesak nafas
7. Badan kurus dan lemah

 Bagaimana cara mencegah TB?
Agar terhindar dari penyakit TB, maka kita sudah selayaknya untuk menjalani pola hidup sehat secara alami dengan cara sebagai berikut:
1. Berpikir Positif  
Memiliki pikiran yang positif akan membuat kita terhindar dari stres yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.
2. Makan yang Baik dan Benar
Makanan tentunya akan menghindarkan kita dari malnutrisi atau kekurangan nutrisi yang dapat membuat kekebalan tubuh kita menurun.
3. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Olahraga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh sehingga seluruh bagian tubuh akan mendapatkan cukup makanan dan terhindar dari malnutrisi.
4. Memperoleh Vaksin BCG
 Vaksin BCG bertujuan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi TB. Pemberian vaksin BCG ini diberikan dengan rutin kepada semua balita.

Fakta menarik seputar TB!
1. Pada tahun 2014, 9.6 juta manusia jatuh sakit karena TB, namun sebenarnya TB dapat disembuhkan dan dapat dicegah.
2. 1.5 juta manusia meninggal dunia karena TB pada tahun 2014. TB menjadi 5 penyakit paling tinggi menyebabkan kematian pada wanita berumur 15-44 tahun
3. 1 juta anak-anak di seluruh dunia menderita TB pada tahun 2014. 140.000 anak meninggal dunia akibat TB.
4. TB merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan kematian pada penderita HIV.
5. Angka untuk penderita TB menurun 47% dari tahun 1990-2015 pada seluruh dunia.
6. Sekitar 43 juta penderita TB di seluruh dunia berhasil diselamatkan sejak tahun 2000.

    

0 comments :

Posting Komentar