Minggu, 15 November 2015

15 - 11 - 15

"Faktanya memang tak secantik angkanya."

Hari Paru-Paru Sedunia adalah hari yang dijadikan sebagai tanda kepada seluruh penduduk dunia bahwa Penyakit Paru-Paru sudah mulai menjadi penyakit umum dalam masyarakat dunia. Hampir di seluruh negara tiap tahunnya terdapat kasus Penyakit Paru-Paru. Penyebaran penyakit paru-paru di kalangan masyarakat dunia tidak pandang usia, mulai anak-anak hingga dewasa dapat terserang penyakit ini. Beberapa jenis Penyakit Paru-Paru dapat berupa Radang Paru, Kanker Paru juga Emfisia, dan masih ada lagi penyakit lainnya yang bisa dikatakan sebagai spesifikasi dari ketiganya. Seperti yang sudah dikatakan bahwa Penyakit Paru-Paru tidak memilih siapa objek yang akan diserang , penyakit ini menyerang semua usia, mulai dari usia dini seperti  anak-anak usia di bawah 6 tahun. Akibat dan dampak dari Penyakit Paru Paru dapat berupa cacat bahkan hingga kematian.Karena Penyakit ini juga menyerang anak-anak , Angka Kematian anak pun ikut dipengaruhi dan menjadi dampak dari Penyakit ini. Salah satu Penyakit paru-paru yang menyerang anak adalah radang paru.

“Radang paru-paru masih merupakan penyakit yang sangat berbahaya – penyakit tersebut telah membunuh lebih banyak anak balita dibandingkan dengan HIV/AIDS, malaria, luka dan campak bila digabungkan – dan meskipun jumlahnya menurun, dengan hampir 1 juta kematian per tahun, tidak ada ruang untuk berpuas,” menurut Mickey Chopra, kepala program kesehatan global UNICEF.
Kasus Pneumonia yang masih menjadi "Pembunuh Utama" anak - anak di dunia
Radang paru-paru masih merupakan diantara pembunuh utama anak-anak, diperkirakan sebesar 15 persen kematian, atau sekitar 940.000 anak per tahunnya .Namun kematian akibat penyakit ini mengalami penurunan hingga 44 persen sejak tahun 2000, menurut angka yang dirilis baru-baru ini oleh UNICEF.

Seth Berkley, CEO dari GAVI, Vaksin Alliance mengatakan bahwa kemitraan sedang bekerja untuk mempercepat ketersediaan vaksin yang melindungi anak-anak di dunia terhadap radang paru-paru.


“Sejak tahun 2000, GAVI telah membantu mengimunisasi hampir 200 juta anak-anak dengan vaksin pentavalent dan lebih dari 25 juta dengan vaksin konjugasi pneumokokus, yang keduanya melindungi terhadap penyebab utama radang paru-paru,” ujar beliau. “Kami berkomitmen untuk lebih memperluas akses terhadap vaksin ini sebagai bagian dari pendekatan terpadu untuk pencegahan dan pengendalian radang paru-paru.”


PBB, khususnya WHO dan UNICEF, memang lebih memfokuskan pada pencegahan dini penyebaran penyakit paru - paru melalui anak anak. Mengingat anak anak adalah pemegang kunci generasi dunia, sehingga walaupun PBB tetap berupaya untuk melakukan tindak preventif, kuratif dan rehabilitatif terhadap seluruh golongan usia, namun mereka lebih terfokuskan pada anak anak.


Apa saja Gejala yang timbul akibat Penyakit Paru?

Kenali sedini mungkin Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Paru-Paru. 

Penyakit Paru-Paru adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan.

Penyakit paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau parasit.

Penyakit paru-paru dapat juga disebabkan oleh dampak dari zat-zat kimia atau cedera fisik pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan konsumsi alkohol.


Deteksi Atau Ciri Awal Gejala Penyakit Paru-paru:


  1. Pernapasan cepat dangkal dan kadang-kadang terdengar suara berdengik. 
  2. Batuk berdahak pada orang dewasa sering kali disertai dengan lendir yang berwarna kehijauan atau sedikit berdarah.sedangkan pada bayi tidak selalu di sertai batuk.
  3. Tanda lainya rasa sakit pada dada, rasa nyeri pada saat menghirup napas, dan penderita tampak sakit berat.
  4. Apabila telah merasakan gejala-gejala diatas sebaiknya langsung segera ke Dokter untuk dilakukan penangan lebih lanjut yang tepat.
Maka dari itu, sayangilah parumu :)

-Your Life is not Only Yours-
    

0 comments :

Posting Komentar