Minggu, 16 Februari 2014

Get Ready for SEMAKU MEDICAL OLYMPIAD 2014!





Penjelasan Umum
Apa itu SMO? SMO (SEMAKU Medical Olympiad) adalah ajang kompetisi bagi mahasiswa pendidikan dokter dalam bentuk olimpiade yang digelar setiap tahun oleh Pendpro HMPD SEMAKU. SMO merupakan tahap seleksi untuk mengikuti IMO. Sistem kompetisinya mungkin 11-12 sama IMO, bisa jadi hampir sama. Jadi, pemenang dari SMO ini bakalan jadi wakil dari FKIK UMY untuk merebut gelar juara di tingkat nasionalnya yaitu IMO.
Udah tau IMO itu apa kan? IMO adalah Indonesian Medical Olympiad, atau bisa dibilang ajang tingkat nasionalnya SMO. IMO adalah sebuah ajang kompetisi ilmu kedokteran yang merupakan program kerja tender bidang pendidikan dan profesi ISMKI. For Your Information, IMO merupakan hasil metamorfosis dari NMC (National Medical Challenge) yang sudah pernah diselenggarakan sebanyak 2 kali dan pertama diselenggarakan di Yogyakarta dengan tuan rumah kampus kita tercinta, UMY. Baru kemudian di tahun 2012, NMC resmi berubah menjadi IMO.
IMO ini diikuti oleh 72 Fakultas Kedokteran se-Indonesia dan dalam sejarahnya, FK UMY telah mendapatkan 1 kali kemenangan pada IMO pertama pada tahun 2010 di UMY dan menjadi runner up pada IMO 2011 di UNAIR (waktu itu masih NMC).
Setiap tahunnya, FKIK UMY selalu mengirimkan wakilnya untuk mengikuti IMO. Mungkin tahun ini adalah giliran kamu menjadi wakil dari FK UMY untuk IMO. Tapi... sebelum menjadi bagian dari IMO 2014, jadilah bagian dari SMO 2014!
Dimana?
Sudah jelas kalo SMO akan diselenggarakan di kampus tercinta, FKIK UMY :D Nah, kalo IMO nya bakalan diadakan dimana masih belum tau juga, soalnya tuan rumah IMO bakalan diputuskan di MUNAS ISMKI di Medan 18-23 Februari 2014.
Siapa Pesertanya?
Peserta adalah mahasiswa pendidikan dokter pre klinik (semester 1 sampai semester 7), jadi Pendidikan Dokter angkatan 2011, 2012, dan 2013 monggo ikut berpartisipasi di SMO.
Kapan dilaksanakan?
Coming soon. Sebentar lagi kok, sering sering buka blog HMPD SEMAKU dan update twitter aja @hmpdsemaku. Info-infonya akan terus kita update kok..
Bagaimana mekanismenya?
Untuk sedikit bocoran, SMO 2014 akan memperlombakan 5 cabang lomba yaitu Cabang kardiorespirasi, Cabang Disgestif, Cabang Neurologi dan Psikiatri, Cabang Muskuloskeletal, Cabang Urogenitalia.
Satu lagi bocorannya adalah SMO tahun ini adalah lomba individu alias perorangan, bukan kelompok. Nanti untuk maju ke IMO, barulah akan dikelompokkan sesuai dengan hasil akhir SMO nya.
Untuk info lebih lanjut tentang sistem SMO bakalan bagaimana dan kayak apa, tunggu aja ya..


So? Prepare Yourself!!! Show Your Best Passion, Get Your Glory!

0 comments :

Posting Komentar