Senin, 24 Februari 2014

Tour De FKIK



Minggu, 9 Februari 2014 Tour De FKIK dengan mengusung tema One Day Medical Journey To Our Digestive System merupakan kegiatan tahunan HMPD SEMAKU bekerjasama dengan HIMFA, HIMIKA, dan HIMAKAGI telah SUKSES dilaksanakan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti Tour De FKIK. Peserta Tour De FKIK yang tidak hanya lingkup Yogyakarta, bahkan luar Yogyakarta hingga luar jawa. Dengan bekal presentasi yang apik  panitia Tour De FKIK sanggup meyakinkan ratusan siswa SMA dari berbagai sekolah ketika panitia mendatangi sekolah-sekolah guna publikasi untuk mengikuti kegiatan Tour De FKIK, tutur ketua pelaksana Tour De FKIK, Muhammad Irfan Rizaldy.
Pembukaan acara oleh dr. H. Ardi Pramono, Sp. An., M,Kes.

Kuliah umum disampaikan oleh dr. Nurhayati
Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari mulai pukul 06.30 s/d 17.00. Tour De FKIK  merupakan simulasi dini (perkenalan awal) bagaimana mahasiswa kedokteran menjalani masa pembelajarannya. Awal kegiatan peserta datang melakukan registrasi kemudian peserta diperkenankan untuk memasuki ampi b (ruang kuliah umum mahasiswa pend. Dokter UMY) guna mengikuti pembukaan acara Tour De FKIK oleh dr. H. Ardi Pramono, Sp. An., M, Kes (Dekan FKIK UMY) sekaligus kuliah umum yang disampaikan oleh dr. Nurhayati. Selama kuliah umum berlangsung peserta dengan antusias menyimak materi yang telah disampaikan oleh dr. Nurhayati pun mengajukan berbagai pertanyaan seputar materi yang disampaikan. Hingga pada pukul 10.45 peserta menuju ruang tutorial untuk mengikuti tutorial (peserta diberikan kasus untuk kemudian didiskusikan dengan menggunakan langkah seven jumps) guna refleksi dari materi kuliah umum yang telah didapat. Setelah tutorial peserta melanjutkan tour-nya menuju ke laboratorium biomedik yaitu: lab. anatomi, lab. mikrobiologi, lab. farmakologi dan skills lab kedokteran umum, skills lab kedokteran gigi, skills lab farmasi, serta mini hospital. 
Belajar bareng di lab. Anatomi
Skills lab Kedokteran Gigi
Skills Lab Kedokteran Umum

Dalam setiap kunjungan laboratorium biomedik dan laboratorium skill peserta disuguhkan pretest, postest, dan materi yang disampaikan oleh fasilitator, misalnya dalam lab. Anatomi peserta dijelaskan organ-organ manusia (cadaver) yang berperan dalam Digestive System (system percernaan), dalam mini hospital peserta dijelaskan cara memasang infus, dalam skills lab kedokteran umum perta dijelaskan cara melakukan pemeriksaan fisik dasar (vital sign), dll. 
Peserta TDF sedang tutorial
 
Suasana tenang ketika pretest

Hingga pada penghujung acara, panitia menyuguhkan berbagai doorprize dan penghargaan  bagi peserta dengan kategori mention terlucu ke twitter Tour De FKIK , peserta teraktif bertanya dalam  mengikuti kuliah umum maupun tutorial, dan peserta dengan IP tertinggi berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selamat buat peserta yang telah menerima penghargaan-penghargaan di atas, dan buat peserta TDF lainnya bagaimana kesan kalian setelah mengikuti kegiatan ini? Harapan kami, semoga melalui tour  singkat selama 1 hari  tersebut dapat menambah wawasan dan pandangan dini bagi adek-adek, bagaimana menjalani pendidikan di Fakultas Kedokteran. Kami HMPD SEMAKU sangat senang dapat berbagi ilmu dengan kalian (peserta TDF) yang luar biasa dengan keinginan dan antusiasnya menjadi tenaga ahli kesehatan dimasa mendatang. 

2 komentar :