Jumat, 20 Desember 2013

ANDROAIDS (Awareness Day for HIV AIDS)




Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia pada 1 Deember lalu, RACO MMSA UMY mengadakan sebuah acara bernama ANDROAIDS (Awareness Day for HIV AIDS). Acara ini diadakan di AMC Convention Hall lantai 3,Bantul. Tema yang diusung pada peringatan AIDS kali ini ialah “Pushing down discrimination of HIV/AIDS in Social Life”. Acara ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, terbukti dengan jumlah peserta sejumlah 350 orang dari target sejumlah 200 peserta, dari berbagai usia mulai anak SMP, SMA, mahasiswa, maupun orangtua yang mendampingi anak-anaknya. Kegiatan ini dihadiri pula oleh para dekan dan beberapa dokter. Peserta acara tidak hanya berasal dari Yogyakarta, ada pula yang berasal dari daerah luar Yogyakarta, seperti Semarang dan sekitarnya. Ada pula peserta yang berasal dari 7 besar finalis lomba poster tingkat SMP dan SMA se-DIY, yang mengikuti kegiatan ini tanpa dikenakan biaya.
 Acara ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.00, dengan inti acara Seminar mengenai AIDS dan pencegahannya yang disampaikan oleh dr. Ryan Thamrin (dr.OZ). Sesuai dengan tema yang diusungkan, di acara ini dr.OZ juga menyampaikan agar kita tidak melakukan diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS) dan bagiamana cara-cara memperlakukan ODHA dengan baik. Kemudian, diadakan sesi tanya-jawab oleh dr.OZ tentang materi yang telah disampaikan dimana sebagai hadiahnya ialah peserta yang berhasil menjawab akan mendapat kesempatan berfoto bersama dr.OZ. Para peserta penuh semangat mengacungkan tangan untuk berebut menjawab pertanyaan, namun hanya sekitar 6 orang yang berhasil dipilih oleh dr.OZ. Para peserta mengikuti acara ini dengan sangat antusias dari awal hingga akhir. Menurut mereka acara ini sangat memuaskan disamping pembicaranya yang tampan dan menarik, cara penyampaian materinya pun tidak membosankan. “Acaranya asik, dokter Ryan bisa membaur dan berkomunikasi dengan peserta,” ujar Yulli, seorang panitia sekaligus peserta ANDROAIDS.

Pada akhir acara, ada pengumuman mengenai pemenang lomba poster tingkat SMP & SMA se-DIY yang telah diadakan beberapa minggu sebelumnya. Dalam acara ini pun, panitia memberikan doorprize, seminar kit, beserta sertifikat untuk para peserta. Para panitia bersyukur atas keberhasilan terselenggaranya acara ini. Menurut para panitia acara ini dinilai sukses, karena target peserta terlampaui, acara berjalan dengan baik dan direspon baik oleh para peserta terbukti dengan tingginya antusiasme mereka saat mengikuti acara ini. (anin)