Rabu, 11 Desember 2013

SEMANGAT SUMPAH PEMUDA ! DARI MAHASISWA UNTUK MAHASISWA !


28 Oktober 1928  adalah momen bersejarah bagi bumi Indonesia.  Tepat 85 tahun silam ikrar itu diucapkan. Para pemuda dengan latar belakang berbeda, dari mulai adat, bahasa, dan budaya bersatu padu menyuarakannya. Yaah, tepat  pada tanggal 28 Oktober 2013 Indonesia kembali memperingatinya. Sebagai para pemuda masa kini, banyak yang dapat kita lakukan untuk memeriahkannya sebagai  partisipasi dan apresiasi untuk para pemuda pahlawan Indonesia.


Salah satu wujud hormat untuk mengenang jasa-jasa pemuda pahlawan Indonesia, kami dari divisi Advokasi Mahasiswa HMPD  Semaku menyelenggarakan Sarasehan Bareng dekanat. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dua kali satu tahun sebagai wadah bagi empat angkatan PSPD untuk dapat menyuarakan aspirasi dan solusi kepada para dekanat dan jajarannya dengan terbuka dan “manusiawi” untuk kebaikan Pendidikan Dokter UMY ke depan dengan bertemakan “Suarakan Aspirasi mu, Majukan Kampus mu”.
Kegiatan ini sangat mendapatkan apresiasi dari mahasiswa PSPD empat angkatan dan dukungan penuh dari pihak dekanat dan jajarannya. Angka kesuksesan acara ini terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 90% dilihat dari antusiasme perwakilan mahasiswa dan kehadiran para dekanat dan jajarannya.  Ada sekitar 36 perwakilan mahasiswa yang hadir dari 40 kursi yang disediakan panitia untuk perwakilan mahasiswa empat angkatan PSPD dan 12 dekanat dan jajarannya dari 14 undangan yang kami sebar.

Selain kedua faktor keberhasilan di atas, kegiatan Sardek kali ini memiliki keunikan dibanding Sardek tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini setelah dilakukan diskusi antar mahasiswa dan dekenat beserta jajarannya maka dilakukan penandatanganan hasil sebagai bukti untuk kelanjutan follow-up dan akan di adakan audiensi ke rektorat.


Secara garis besar, dalam forum sardek kali ini yang menjadi topik hangat adalah mengenai akreditasi prodi, kebijakan RUU nomer 20, dan masalah lain terkait kebijakan dan fasilitas kampus.  Untuk hasil rincinya kami dari Advom HMPD Semaku akan membagikannya ke empat angkatan PSPD melalui selebaran dan mading yang ada di sekitar fakultas.


Tanpa mengurangi esensi peringatan Sumpah Pemuda, kami sebagai penyelenggara berharap kegiatan ini sebagai langkah awal bagi kita semua, baik mahasiswa maupun dekanat untuk bersama-sama membangun Fakultas Kedokteran UMY ini semakin baik. DARI MAHASISWA UNTUK MAHASISWA!