Senin, 23 Desember 2013

LKMM membuka lembaran baru HMPD SEMAKU


Mahasiswa kedokteran memiliki banyak potensi yang tersembunyi dalam dirinya masing-masing. terutama untuk menjadi seorang “dokter ideal” banyak hal yang diperlukan tetapi pedoman dokter yang selama ini digunakan adalah “7 star doctor”. Salah satu hal yang tertulis dalam “7 star doctor” adalah “community leader” yaitu menjadi pemimpin di masyarakat, pemimpin dalam suatu komunitas atau pemimpin keluarga sudah menjadi hal wajar ketika seorang dokter menjadi pemimpin diberbagai kondisi, dikarenakan dokter profesi yang terpandang. Oleh karena itu HMPD SEMAKU menyelenggarakan Latihan kepimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) dengan pelatihan diharapkan mahasiswa kedokteran terutama kader HMPD SEMAKU dapat membiasakan diri, mengembangkan diri atau membuka potensi diri menjadi seorang pemimpin dan mengeratkan  tali kekeluargaan. LKMM tersebut dilaksanakan pada tanggal 7-8 Desember 2013 bertempat di Kaliurang.
Perjalanan dimulai dari lobby C FKIK UMY ketika peserta LKMM lokal yang terdiri dari mahasiswa kedokteran angkatan 2013 dan 2012 berangkat sebelum praktikum selesai. Perjalanan hingga tujuan berlangsung selama 1 jam ketika itu juga hujan mengguyuri perjalanan tetapi tidak menurunkan semangat peserta.  Rasa ingin tahupun  muncul kami sebagai peserta terutama peserta 2013 mereka  bertanya-tanya apa yang akan kita lakukan di LKMM? LKMM itu ngapain aja sih? Sebuah hal yang sangat  mendasar bagi mereka yang baru pertama kali ikut LKMM lokal ini. Peserta 2012 pun yang pernah mengikuti LKMM ditahun sebelumnya juga bertanya-tanya apakah kita akan melakukan LKMM yang sama atau berbeda?

Sesampainya di tujuan kami  langsung mempersiapkan diri tentang apa yang akan kita hadapi apalagi kita disambut oleh the elders yang akan membimbing kami di LKMM lokal HMPD “SEMAKU”. Acara dimulai dengan shalat magrib berjamaah dan dilanjutkan dengan kajian Al-Quran. Pada malam harinya adalah pemberian materi dari pemateri-pemateri yang sudah berpengalaman. Materi pertama disampaikan oleh sekbid LD ISMKI Wilayah 3 tahun 2011. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua HMPD Semaku periode 2008-2009 dan yang terakhir adalah materi Character Building yang disampaikan oleh wakil ketua HMPD Semaku periode 2008-2009. Walaupun acara berlangsung hingga tengah malam, hawa dingin yang menusuk tulang dan rasa kantuk yang menghantui setiap  peserta LKMM bukan sebuah halangan besar bagi mereka karena antusiasme dan semangat menjadi bahan bakar utama peserta LKMM untuk tetap memperhatikan materi dengan seksama. waktupun terus berjalan, dimalam puncak LKMM tepatnya tengah malam ketika kami istrirahat kami dibangunkan satu-persatu, oleh panitia dibagi perkelompok untuk jalan malam dalam keadaan mata tertutup mengikuti setiap arahan pemandu menuju pos-pos yang setiap posnya memiliki makna yang berbeda ada yang tentang kepimpinan, kepercayaan, penjagaan, kebersamaan dll. 


Waktu berlalu hingga pagi hari acara pun berlanjut ke games pagi dengan rasa lelah dan suhu yang dingin tidak menyurutkan semangat untuk bermain games. Ada permainan yang mudah ada juga permainan yang memerlukan kekompakan dari anggota kelompok itu sendiri karena kami di bagi menjadi 10 kelompok. Pada penghujung acara LKMM kami bersiap-siap menuju ritual yang sakral yaitu pelantikan anggota baru dan jabatan pengurus HMPD SEMAKU periode 2013-2014, bisa dikatakan serah terima jabatan dari periode 2012-2013 untuk periode 2013-2014. Suasana haru pun menderu ketika kami mengucapkan sumpah HMPD “SEMAKU” yang diucapkan secara lantang, sebagai bukti dan komitmen yang akan kita lakukan selama kepengurusan kedepan, hingga di terakhir di ucapkan sumpah itu berakhir sudah masa kepengurusan tahun 2012-2013 dan dimulainya kepengurusan baru, segala ucapan terima kasih, harapan, kesan dan pesan disampaikan oleh the elders.
untuk terakhir kalinya juga the elders memimpin jargon SEMAKU, “We Are Team, We are Family, We are Semaku” jargon yang membangkitkan semangat, rasa kekeluargaan,kekompakkan dan rasa saling menghargai, jargon yang mendorong kita tetap jalan bersama memberikan yang terbaik bagi masyarakat maupun mahasiswa pendidikan dokter karena “Your Life is Not Only Yours”