Jumat, 08 Mei 2015

ANAMNESIS BAHASA JAWA 2015

ANAMNESIS BAHASA JAWA (ABJ)

Yogyakarta 22/03/2015. Bahasa Jawa merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Yogyakaerta selain bahasa Indonesia. Di sinilah pentingnya mempelajari bahasa Jawa, tak terkecuali bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam dunia kesehatan, komunikasi adalah hal yang vital terutama untuk berkomunikasi dengan pasien untuk mengetahui keadaan dan keluhan pasien tersebut.
Kegiatan Anamnesis Bahasa Jawa (ABJ) merupakan suatu kegiatan dalam lingkup acara Milad FKIK UMY yang diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa. Kegiatan ini merupakan media bagi semua mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dimana beberapa mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dapat mempelajari bagaimana cara berbahasa Jawa yang sesuai tata krama dalam melakukan anamnesis kepada pasien yang berbahasa Jawa.
Kegiatan yang diselenggarakan dalam waktu 2 pekan ini diselenggarakan oleh divisi Language Club dari setiap HMJ, yaitu SEMAKU, HIMAKAGI, HIMFA, dan HIMIKA. Minggu pertama merupakan rangkaian acara pelatihan bagi calon peserta lomba Anamnesis Bahasa Jawa dan di minggu kedua merupakan rangkaian acara lomba Anamnesis Bahasa Jawa. Peserta lomba Anamnesis Bahasa Jawa diberikan skenario dan diminta untuk melakukan anamnesis dengan bahasa Jawa sesuai aturan tata karma yang ada.

Anamnesis Bahasa Jawa (ABJ) ini mendapatkan apresiasi yang baik karena antusiasme dari mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bukan hanya dari mahasiswa yang sudah mahir bahasa Jawa saja, namun banyak mahasiswa luar Jawa yang belum mahir yang ikut serta.
    

0 comments :

Posting Komentar