Jumat, 08 Mei 2015

SEMAKU Medical Olympiad (SMO)

SEMAKU Medical Olympiad (SMO)

Yogyakarta 22/03/2015. SEMAKU Medical Olympiad (SMO) merupakan program kerja tahunan Divisi Pendidikan dan Profesi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) SEMAKU FKIK UMY. SEMAKU Medical Olympiad (SMO) adalah suatu ajang kompetisi bagi mahasiswa pendidikan dokter dalam bentuk olimpiade. Kegiatan ini merupakan seleksi untuk mendapatkan perwakilan atau delegasi FKIK UMY dalam Indonesian Medical Olympiad (IMO).
Dalam pelaksanaannya, perlombaan SMO akan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final. Tahap penyisihan meliputi babak Multipe Choice Question (MCQ) dan babak Objective Structured Practical Examination (OSPE), sedangkan untuk tahap final meliputi babak Structured Objective Case Anlysis and Public Health (SOCA-PH), dan babak Mini Objective Structured Clinical Examination (Mini-OSCE).
SMO ada 5 cabang ilmu yang akan dilombakan. Cabang ilmu yang dilombakan meliputi :
1.      Cabang Kardiorespirasi
2.      Cabang Disgestif
3.      Cabang Neurologi dan Psikiatri
4.      Cabang Muskuloskeletal
5.      Cabang Uroreprogenitalia
           Diharapkan dengan adanya olimpiade ini, mahasiswa kedokteran mampu mengeksplor potensi dan kemampuan terbaiknya dengan niat, motivasi, dan usaha keras sehingga bisa menghasilkan prestasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta ahli di bidangnya sebagai tenaga kesehatan. Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 20 ayat 2 menyebutkan “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat” yang biasa disebut dengan tridharma perguruan tinggi.

           SEMAKU Medical Olympiad (SMO) merupakan program kerja tahunan Divisi Pendidikan dan Profesi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) SEMAKU FKIK UMY. Kegiatan ini adalah sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa pendidikan doter dalam bentuk oimpiade. SMO merupakan seleksi yang harus diikuti mahasiswa sebelum akhirnya menjadi perwakilan atau delegasi FKIK UMY dalam Indonesian Medical Olympiad (IMO).            

Dengan diselenggarakannya SMO ini diharapkan mahasiswa mampu mengeksplor dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki dengan niat, motivasi, dan usaha keras sehingga bisa menghasilkan prestasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta ahli di bidangnya sebagai tenaga kesehatan,dan bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional sebagai dokter yang unggul dan islami
    

0 comments :

Posting Komentar